Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu

Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu Rujak Cingur adalah makanan khas Jawa Timur yang berupa aneka sayur, tahu tempe goreng, potongan buah serta cingur yang disiram dengan saus. Saus ini terbuat dari campuran kacang, pisang batu, gula merah, terasi dan tentu saja petis yang akan membuat saus ini berwarna kecoklatan atau kadang kehitaman. Sedangkan cingur adalah hidung sapi yang telah dimasak dengan bumbu yang rasanya kenyal. Di beberapa tempat, cingur ini diganti dengan kikil sapi yaitu bagian dari kulit sapi.



Ciri khas dari Rujak Cingur ini memang adalah petis. Apakah petis itu? Petis adalah produk olahan ikan yang dibuat dari air rebusan ikan ataupun udang yang diproses hingga menjadi kental seperti pasta lalu dicampur dengan sedikit gula merah dan bumbu lain sehingga menghasilkan pasta yang berwarna kecoklatan atau kehitaman. Sepertinya, petis ini hanya ada di Indonesia; sejauh ini belum ditemukan petis di negara ASEAN lain. Sedangkan terasi yang masih dapat ditemukan di Malaysia maupun Thailand.

Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu Suasana Warung Rujak Bu Any Kota Batu

Jika Anda berkunjung ke Kota Wisata Batu, ada satu tempat makan rujak cingur yang direkomendasikan untuk dikunjungi dan bersantap di tempat ini. Ayo kita mampir dan makan Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, memang enak. Jadi tidak perlu heran jika tempat ini selalu penuh.

Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu ini terletak di Jalan Sakura Kota Wisata Batu. Sebuah jalan kecil, jalanan kampung di daerah Pesanggrahan. Walaupun Warung Rujak Bu Any ini terletak di kampung dan warungnya sederhana, tapi soal rasa tidak kalah dengan rujak cingur lain yang ada di Kota Batu.

Depot Rujak Bu Any ini buka setiap hari mulai sekitar jam 09:00 hingga sore hari. Setiap harinya Warung Rujak ini tidak pernah sepi apalagi di jam-jam makan siang. Sesekali kita harus menunggu antrian untuk dapat dibuatkan rujak cingur pesanan kita. Jika Anda datang di hari libur, bisa dipastikan warung rujak ini ramai sekali karena yang datang makan bukan hanya penduduk kota Batu tetapi juga para wisatawan dari luar kota.

Persiapan Pesanan Pembuatan Rujak Cingur Warung Rujak Bu Any Kota Batu

Apa saja sih isi rujak cingur di Warung Rujak Cingur Bu Any ini? Tentu saja potongan cingur. Isi lainnya adalah potongan tahu, tempe, tempe kacang, buah-buahan seperti mentimun, bengkoang, nanas dan buah lain yang sedang musimnya.  Lalu diberikan sayuran rebus seperti selada air, kecambah dan juga kol.

Semua isi rujak ini lalu akan disiram dengan saus yang telah dihaluskan secara manual oleh Bu Any. Cobek kayu yang besar dan ulekan ini adalah modal utama bagi Bu Any untuk menguleg bumbu rujak cingur. Sekali uleg, Bu Any bisa mempersiapkan bumbu untuk sekitar 5 porsi rujak cingur. Dengan cekatan dan kuat, Bu Any menguleg bumbu yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa menginformasikan berapa cabe rawit yang Anda inginkan supaya tidak salah.

Makan Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu ini akan semakin lengkap dengan kerupuk yang juga tersedia di warung ini. Harga 1 (satu) porsi Rujak Cingur di Warung Rujak Bu Any di Kota Batu ini adalah Rp. 15,000 (harga bulan  Juli 2017). Cukup murah dengan kualitas rasa dan besarnya porsi rujak ini.

Jika memesan dalam jumlah banyak, ada baiknya Anda menelpon dan memesan dahulu rujak yang Anda inginkan supaya pesanan Anda dapat disiapkan terlebih dahulu. Pesanan dalam jumlah banyak dapat diantarkan ke alamat Anda selama berada di sekitar Kota Wisata Batu. Konfirmasikan jarak pengantaran langsung dengan menelepon ke Warung Rujak Bu Any ya.

Rujak Cingur Enak di Warung Rujak Bu Any Kota Batu

WARUNG RUJAK CINGUR BU ANY

Jalan Sakura No. 20 A

Srebet Timur – Pesanggrahan

Kota Wisata Batu

Telepon : +62-851 0503 8123 / 0812 3139 5130

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!