8 Hal Yang Dikatakan Kakimu Tentang Kesehatanmu

8 hal yang dikatakan kakimu tentang kesehatanmu –  Kaki kita dapat memberikan tanda lebih banyak tentang kondisi kesehatan kita dari yang kitaa duga, mulai dari kekurangan vitamin hingga masalah tiroid. Berikut adalah beberapa hal yang dikatakan oleh kaki kita tentang keseluruhan kondisi kesehatan kita.


1.TIDAK ADANYA RAMBUT

Kita tidak harus terlihat seperti hobbit tetapi kekurangan rambut di kaki dan jari kita dapat menjadi tanda bahwa sirkulasi tubuh kita tidak baik. Hal ini terutama terjadi jika rambut kaki kita mulai rontok. Satu hal yang bisa kita lakukan adalah uji denyut di pergelangan kaki kita. Jika kita tidak dapat menemukannya, segera konsultasikan pada dokter.

Yang Dikatakan Kakimu Tentang Kesehatanmu

2. KAKI DINGIN

Hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif dapat mempengaruhi tubuh Anda dalam beberapa hal termasuk kaki kita. Apakah kaki kita selalu terasa dingin? Jika kita mengalami gejala hipotiroidisme lainnya seperti kulit dan rambut yang kering, kelelahan dan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, segera temui dokter.

3. PEMBENGKAKAN DAN NYERI DI JARI

Jari kaki yang nyeri, bengkak, berwarna merah dan hangat merupakan ciri khas asam urat. Sebenarnya banyak orang yang menyadari bahwa dirinya menderita asam urat karena seringnya masalah yang muncul di ibu hari kaki mereka. Sebagai salah satu bentuk arthritis, asam urat ini disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah kita. Walaupun sering kali dikaitkan dengan konsumsi daging yang berlebihan, lebih dari 1 dari 10 kasus asam urat secara langsung berhubungan dengan diet.

Yang Dikatakan Kakimu Tentang Kesehatanmu

4. KULIT KERING DAN MENGELUPAS

Kita tidak harus menjadi pemain pro untuk mendapatkan kaki ala atlit. Jika kita memperhatikan kulit kaki kita, terutama bagian diantara jari-jari kaki kita, terlihat sangat kering, pecah-pecah dan gatal, mungkin infeksi jamurlah yang menyebabkannya. Rawatlah area itu dengan cairan luar untuk kesehatan kaki. Jika tetap tidak hilang, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

5. KAKI YANG BERBAU

Untungnya, kaki yang berbau belum tentu sebuah tanda yang buruk. Tanda apa yang dapat ditunjukkannya? Salah satunya adalah kebersihan kaki yang tidak terjaga dengan semesstinya. Cucilah kaki secara teratur, gunakan kaos kaki dari bahan katun dan jika tubuh kita cenderung berkeringat, selalu bawalah kaus kaki bersih cadangan. Tip lain adalah jangan memakai sepatu yang sama setiap harinya.

6. KESULITAN BERJALAN

Jika berdiri diatas kaki kita sendiri adalah hal yang sulit dilakukan, mungkin ada beberapa masalah yang sedang terjadi. Kesulitan menyerap kalsium, tulang retak yang tidak terdeteksi dan anoreksia adalah masalah terbesar yang mungkin muncul. Jika Anda mengalami masalah untuk berjalan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah segera temui dokter Anda.

7. KRAM KAKI YANG SERING TERJADI

Jika Anda sering mengalami kejang otot yang bukan disebabkan oleh cedera otot, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan beberapa jenis vitamin dan mineral. Kalium, kalsium dan mungkin kadar natrium dalam darah yang terlalu rendah dapat membuat Anda lebih rentan untuk mengalami kejang otot yang cukup menyiksa ini. Konsultasikan pada dokter Anda.

8. MATI RASA YANG TIDAK DIKETAHUI PENYEBABNYA

Jika tiba-tiba kaki dan betis Anda mati rasa, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun ini juga dapat menjadi tanda bahwa ada penyakit yang lebih serius seperti multiple sclerosis, kerusakan syaraf dan juga fibromyalgia (kondisi kesehatan yang ditandai dengan rasa sakit dalam jangka panjang dan meluas, tidak spesifik pada satu area tertentu saja).

 

Sumber : www.care2.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!