Pasar Beringharjo Yogyakarta tempat berburu batik murah dan berkualitas

Pasar Beringharjo Yogyakarta tempat berburu batik murah dan berkualitas  – Menurut cerita para tetua, Pasar Beringharjo Yogyakarta dulunya adalah hutan beringin yang kemudian oleh pihak Keraton Yogyakarta dijadikan pasar – tempat melakukan transaksi ekonomi. Pasar ini merupakan pasar tertua di Yogyakarta yang mempunyai nilai sejarah yang tidak dapat dipisahkan dari Keraton Yogyakarta sendiri.


Nama Beringharjo sendiri berarti Hutan Pohon Beringin  yang keberadaannya diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta. Pasar Beringharjo terletak tidak jauh dari Jalan Malioboro yang terkenal di kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Jend. A. Yani 16 Yogyakarta. Pasar ini seolah bagian yang tak terpisahkan dari Malioboro.

Pasar Beringharjo Yogyakarta tempat berburu batik murah dan berkualitas .

Ditempat ini Anda dapat menemukan banyak barang kebutuhan mulai dari batik, jajanan pasar, makanan sehari-hari, pakaian, jamu hingga sembako di bagian belakang. Jadi datang berbelanja ke tempat ini, Anda akan menemukan semua kebutuhan Anda terpenuhi.

Pasar ini terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian depan dan belakang bangunan pasar sebelah barat merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan lidah dengan jajanan pasar. Di sebelah utara bagian depan, dapat dijumpai brem bulat dengan tekstur lebih lembut dari brem Madiun dan krasikan (semacam dodol dari tepung beras, gula jawa, dan hancuran wijen).

Di sebelah selatan,  Anda dapat menemukan bakpia isi kacang hijau yang biasa dijual masih hangat dan kue basah seperti hung kwe dan nagasari. Sementara bagian belakang umumnya menjual panganan yang tahan lama seperti ting-ting yang terbuat dari karamel yang dicampur kacang.

Begitu masuk pintu masuk bagian depan, Anda akan menemukan puluhan bahkan mungkin ratusan penjual batik dalam bentuk kain maupun pakaian jadi. Pasar Beringharjo merupakan salah satu tempat terbaik karena koleksi batiknya lengkap. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, bahan katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu sampai hampir sejuta tersedia di pasar ini. Koleksi batik kain dijumpai di los pasar bagian barat sebelah utara. Sementara koleksi pakaian batik dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Selain pakaian batik, los pasar bagian barat juga menawarkan baju surjan, blangkon, dan sarung tenun maupun batik.

IMG_20160127_052657

sebrang pasar Beringharjo

Di Pasar Beringharjo Yogyakarta tempat berburu batik murah dan berkualitas, Anda harus melakukan tawar menawar dengan penjualnya. Jika Anda terampil dalam menawar , tentunya Anda akan mendapatkan batik yang berkualitas dengan harga yang cukup miring. Apalagi jika los-los penjual baru dibuka, sepertinya jika penjual mendapatkan harga pokok saja mereka akan melepas dagangannya ke tangan Anda.

Namun tak jarang juga pembeli kecewa karena menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah dari los tempat dia membeli. Perlu diingat disini berlaku juga hokum “ada harga ada kualitas”. Karena harga dan kualitas yang bervariasi itu harus membuat Anda teliti dan cermat saat bertransaksi.

Jadi datang saja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta tempat berburu batik murah dan berkualitas . Berpetualanglah dalam tawar menawar harga. Siapa tahu kali ini keberuntungan milik Anda.

Penginapan di sekitar Pasar Beringharjo :

  1. Whiz Hotel Yogyakarta – 0,55 KM
  2. Jambuluwuk Malioboro – 0.44 KM
  3. Melia Purosani – 0.03 KM
  4. Ibis Malioboro – 0.49 KM
  5. Nueve Hotel Malioboro – 0.42 KM

2 Comments

  1. cours de theatre paris July 20, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!