Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang – Masih tentang berlibur ke Penang di Malaysia, dan masih di Kek Lok Si Temple yang merupakan salah satu ikon yang harus dikunjungi jika kita berlibur ke Penang. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya tentang menjelajah Kek Lok Si Temple yang memiliki 3 (tiga) bagian bangunan yaitu hall utama, pagoda dan area patung Dewi Kwan Im raksasa.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana mencapai area Patung Dewi Kwan Im di Kek Lok Si Temple ini. Oh ya, Dewi Kwan Im ini dalam agama Budha adalah lambang welas asih dan kebaikan yang mempunyai 20 ajaran welas asih yang terkenal sampai saat ini. Karena itu, di banyak kuil terdapat pemujaan bagi Dewi Kwan Im yang telah membawa banyak kebaikan bagi bumi.

Untuk mencapai area tertinggi di Kek Lok Si Temple ini, ada 2 (dua) cara yang dapat ditempuh. Pertama, dengan berjalan kaki atau naik taksi langsung sampai di area parkir di atas bukit ini. Tentu saja jalan aspal yang harus ditempuh cukup menanjak. Pilihan kedua adalah naik kereta kabel di Kek Lok Si Temple Penang ini.

Karena saya dan teman-teman sudah sampai di area Hall Utama Kek Lok Si Temple ini, maka kami memilih cara kedua yaitu menggunakan kereta kabel. Kereta kabel ini sejenis elevator kecil yang dapat mengangkut sekitar 10-15 orang sekali angkut. Elevator inilah yang akan membawa kami sampai di area tertinggi di Kek Lok Si Temple dimana patung perunggu Dewi Kwan Im setinggi 36,5 meter berdiri dengan anggunnya disana.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Untuk bisa naik kereta kabel di Kek Lok Si Temple Penang ini, kita harus membeli tiket. Bisa sekali jalan atau pulang pergi sekaligus. Mengapa bisa sekali jalan? Karena ada juga yang pulangnya ingin berjalan kaki sampai kaki kuil. Loket pembelian ada di di area toko sovenir yang masuknya dari arah patung Sang Budha. Lalu ikuti saja petunjuk arahnya. Mudah sekali kok untuk menemukannya.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Kalau Anda sudah menemukan petunjuk arah seperti pada gambar disisi kiri ini, maka Anda sudah berada di arah yang benar menuju loket pembelian tiket elevator. Lalu berjalanlah lurus masuk ke dalam sebuah toko sovenir sampai menemukan loket di bagian ujung toko. Penjaga tiket akan menanyakan kepada wisatawan, apakah akan membeli tiket sekali jalan atau pulang pergi. Harga tiket sekali jalan adalah RM 3 dan harga PP adalah RM 6.

Lalu pengujung yang telah memiliki tiket harus menunggu beberapa saat untuk dapat naik ke bagian atas kuil yang megah ini. Jangan dibayangkan kereta kabel atau elevator ini seperti yang ada di Penang Hill, di Ngong Ping Hong Kong atau di Taman Municipal Hat Yai. Kereta kabel atau elevator di Kek Lok Si Temple ini sederhana saja.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Setelah kereta turun dari bagian atas untuk mengangkut penumpang yang telah menunggu, satu persatu penumpang akan masuk ke dalam kereta.  Waktu tempuh begitu singkat, kurang dari 5 (lima) menit rasanya. Dan jalur kereta ini hanya satu jalan miring 45 derajat. Dari dalam kotak kaca, kita dapat melihat sekeliling kuil dari atas. Di satu sisi terlihat ada kamar-kamar yang sepertinya adalah asrama para biksu.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Tidak lama kami sampai dibagian utama area patung Dewi Kwan Im raksasa. Oh ya, simpanlah tiket karena nanti akan digunakan kembali untuk turun bukan? Di bagian teratas dari Kek Lok Si Temple di Penang ini, kita disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Patung Dewi Kwan Im disini benar-benar besar. Sayangnya kita tidak bisa naik ke area patung dan masih ada pembangunan di area sekitarnya.

Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang Naik Kereta Kabel di Kek Lok Si Temple Penang

Pengunjung disuguhi taman yang cantik dan kolam ikan ada di sekitar patung raksasa ini. Selain itu beberapa gedung yang cantik dan serta tempat sembahyang ada juga di lantai ini. Pemandangan yang indahpun menyegarkan mata di udara Penang yang panas. Untuk saya naik kereta kabel di Kek Lok Si Temple Penang ini membantu saya untuk tidak buang-buang energi supaya saya bisa naik pagoda yang ada di bagian bangunan lain.

Selamat berlibur dan mengeksplorasi Penang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!