Menjelajah Taman Negara Pulau Pinang Malaysia

Menjelajah Taman Negara Pulau Pinang Malaysia – Sudah beberapa kali saya pergi ke Pulau Pinang, Malaysia. Saya sangat menikmati negara bagian Malaysia yang satu ini. Mural cantik di Georgetown, makanan enak, tempat wisata cantik dan masih banyak lagi alasan untuk datang ke Penang.

Selama ini belum pernah saya tertarik untuk menjelajah Taman Negara Pulau Pinang Malaysia. Pernah saya mendengar tentang hutan negara di Teluk Bahang ini. Tetapi trekking di hutan belum menarik hati saya. Hingga mantan atasan saya meyakinkan saya dan dua teman bahwa ini adalah petualangan yang menarik.

Akhirnya kami sepakat untuk menjelajah Taman Hutan Negara Pulau Pinang. Satu hari kami khususkan untuk menikmati petualangan ini. Pagi hari kami naik bis Rapid Penang nomer 101 dari depan Pasar Chowrasta. Bis ini membawa kami dari Georgetown ke Teluk Bahang. Ikut saja sampai pemberhentian terakhir. Dari sini kita perlu berjalan kaki beberapa puluh meter saja sampai di pintu masuk hutan negara.

Setelah berdiskusi, kami memutuskan untuk menempuhnya dengan 2 (dua) cara. Kami berangkat menyusuri Taman Hutan Negara Pulau Pinang dengan berjalan kaki. Lalu kembali dengan kapal cepat. Pagi itu hanya ada 2 kios kapal yang beroperasi. Pada dasarnya harga, layanan dan titik yang dikunjungi sama kok.

Setelah sedikit menawar harga, akhirnya kami sepakat untuk mengambil paket : jemput di Pantai Kerachut, mampir ke Pantai Monkey dan kembali ke pangkalan. Petugas memperkirakan perjalanan kami menjelajah hutan sekitar 1,5 jam. Tetapi kami memintanya menjemput kami setelah 2 jam.

Sebelum memulai perjalanan, semua pengunjung harus mendaftarkan diri. Loketnya sangat jelas. Disini kita hanya perlu menuliskan data diri, tanpa harus membayar. Jika perlu ke kamar kecil, ada sederet toilet disamping area kantor pengelola. Semua bersih termasuk toiletnya. Duh, kalau di Indonesia sudah pasti joroknya. Kapan ya tingkat kebersihan di negaraku meningkat?

Setelah itu kami mulai berjalan menyusuri hutan. Lintasan perjalanan serta petunjuk jalan jelas. Kita tidak perlu takut kesasar. Lintasan di dalam hutan ini bersih dari sampah walaupun tidak banyak tempat sampah di dalam hutan. Pepohonan di dalam hutan ini cukup rapat dan bervariasi. Cukup mendinginkan udara Penang yang sangat panas.

Petugas menginformasikan bahwa perjalanan menuju Pantai Kerachut adalah sekitar 1,5 jam. Kami menempuh perjalanan ini sekitar 2 jam. Karena tidak terbiasa trekking maka kami berhenti di beberapa titik. Akhirnya kami melihat petunjuk bahwa Pantai Kerachut tinggal 100 meter lagi. Wah, senangnya!

Jika sudah melihat jembatan artinya kita sudah berada di ujung Pantai Kerachut. Udara panas langsung terasa. Pantai putih bersih dengan bebatuan cantik untuk berfoto. Pengunjung dilarang bermain air di pantai ini. Jadi kami hanya berfoto dan segera menuju penangkaran penyu

Perahu cepat kami datang sesuai janji. Jadi kami ke tempat penangkaran penyu menggunakan perahu cepat ini. Sayangnya, hanya ada sedikit penyu di dalam area penangkaran. Sedikit mengecewakan bagi saya dan beberapa pengunjung lain. Kami membayangkan ada banyak anak penyu. Segera kami pindah ke Pantai Monkey dimana pengunjung dapat santai bermain air dan menikmati minuman dingin.

Menuju Pantai Monkey, pengemudi perahu cepat menceritakan kepada kami banyak hal. Terutama cerita tentang bebatuan di sepanjang pantai. Ada batu berbentuk kepala buaya, ada juga yang seperti penyu. Tiba di Pantai Monkey, kami disambut monyet-monyet. Pastinya semua pengunjung harus berhati-hati dengan barang bawaannya.

Satu jam lagi perahu akan menjemput kami. Jadi kami bersantai dengan membeli minuman di satu kios kecil. Menikmati minuman dingin sambil melihat para pengunjung bermain air. Tak terasa perahu sudah siap membawa kami ke dermaga di dekat pintu masuk. Waktunya pulang dan kembali ke Georgetown dengan Rapid Penang 101 ke KOMTAR.

Trekking lagi ke Taman Hutan Negara Penang?? Siapa takut!!