Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang – Berlibur ke Penang di Malaysia, belumlah lengkap jika belum mengunjungi Penang Hill atau yang dikenal dengan Bukit Bendera dan juga Kek Lok Si Temple. Kedua tempat ini adalah ikon yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Karena dua orang teman saya belum pernah ke kedua tempat ini maka di perjalanan kali ini, saya datang lagi ke Penang Hill dan Kek Lok Si Temple. Siapa tahu ada perubahan dan perbaikan dari kunjungan saya sebelumnya. Setelah selesai menikmati Penang Hill, kami memesan taksi online untuk menghemat waktu. Biayanya sekitar RM 5 tetapi kami berhenti di Laksa Air Itam.

Setelah selesai makan siang di Laksa Air Itam yang terkenal dan legendaris di Penang, kami segera berjalan menuju Kek Lok Si Temple yang sudah kelihatan menjulang di depan mata. Hari yang panas tidak mengurangi semangat kami untuk naik. Tentu saja dengan bekal air minum di tangan,

Tidak jauh kami berjalan, tibalah kami di area parkir Kek Lok Si Temple. Wah, sekarang sudah bersih dan rapi tidak seperti saat saya datang beberapa tahun lalu. Penunjuk arahpun telah terpasang dengan jelas. Siang itu tampaknya hanya beberapa bis rombongan wisatawan saja yang ada di area parkir bis. Mereka yang membawa mobil kecil atau mobil pribadi biasanya langsung parkir di dekat kuil.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Jalanan menanjak membuat kami berhenti satu dua kali. Maklum saja, kami tidak terlalu sering berlatih fisik apalagi di udara yang sangat panas. Sampailah akhirnya kami di pintu gerbang dan terlihat area parkir yang telah dipenuhi banyak kendaraan roda empat. Setelah sempat berfoto-foto sejenak di bagian depan, kami segera menjelajah sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang ini.

Kek Lok Si Temple ini adalah wihara Budha paling terkenal dan mungkin yang paling besar di Penang. Bangunan yang terdiri dari beberapa bagian ini mulai dibangun pada tahun 1890. Karena letaknya yang berada diatas bukit, membuat wihara ini memiliki memiliki pemandangan yang indah. Sampai saat ini, Kek Lok Si Temple ini merupakan tempat ibadah umat Budha dari banyak negara di Asia. 

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Menjelajah sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang ini, membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam bahkan bisa lebih jika Anda mau beribadah atau mau menikmati setiap sudutnya lebih lama. Karena tempat ini cantik dan menarik, tentu saja tidak akan bosen untuk menjelajahinya. 3 bagian utama di Kek Lok Si Temple adalah Ruang Doa Utama, Pagoda dan Patung Dewi Kwan Im.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Karena jam operasional Kek Lok Si Temple ini adalah 08:30 – 18:30, maka perhatikan jam ini jika Anda ingin menjelajah sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang ini. Jangan sampai masih di dalam wihara saat sudah tutup. Biasanya sebelum jam 18:00, pengunjung diminta untuk segera turun terutama mereka yang masih ada di area Patung Dewi Kwan Im dan menggunakan lift untuk turun.

Dari area parkir, kita akan naik tangga menuju Grand Hall dimana di dalam gedung dengan lantai marmer ini kita akan melihat banyak patung Dewi Kuan Im kecil di hampit seluruh dinding. Di bagian utama ada beberapa patung yang biasanya para pendoa akan berdoa didepannya.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Dari bagian Hall Utama ini, kita akan berjalan menuju bagian lain dimana kita akan menuju bangunan lain dimana lift akan membawa kita menuju area tertinggi dimana Patung Dewi Kwan Im berdiri dengan anggun disana. Anda bisa mencapainya dengan lift atau dengan berjalan kaki dari sisi lain bangunan wihara ini. Tentunya jalannya cukup menanjak tetapi sudah beraspal dengan baik kok.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam PenangJika Anda sudah selesai menjelajah area dengan Patung Dewi Kwan Im, Anda bisa segera turun ke arah kiri dan menuju bangunan Pagoda. Pagoda dengan 7 (tujuh) lantai ini didalamnya terdapat 10.000 patung Budha yang terbuat dari perunggu. Untuk dapat naik ke tingkat paling atas dari bangunan bergaya Cina, Thailand dan Myanmar ini, pengunjung harus naik tangga manual. Siapkan kaki ya.

Secara keseluruhan, pemandangan sekitar Kek Lok Si Temple ini khususnya dari atas sangat cantik. Saya pastikan, Anda tidak akan berhenti mengambil gambar di setiap sudut Kek Lok Si Temple ini.

Menjelajah Sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang

Untuk dapat sampai Kek Lok Si Temple di Air Itam di Penang ini, Anda dapat naik bis Rapid Penang 203 atau 204 dari George Town. Bedanya adalah bis nomor 204 itu tujuan akhirnya adalah Penang Hill (Bukit Bendera) sedangkan bis nomor 203 itu tujuan akhirnya di Pasar Air Itam. Tiketnya RM 2 per orang. Siapkan uang pas ya.

Dari arah Pasar Air Itam, kita perlu berjalan kaki sampai tiba di Kek Lok Si Temple. Pastikan, kaki Anda siap dan bawalah air minum untuk menjelalah sudut Kek Lok Si Temple di Air Itam Penang yang indah ini.

Selamat berlibur ke Penang dan mampirlah ke Kek Lok Si Temple.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!