Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Menikmati keindahan Penang dari Bukit Bendera – Penang adalah sebuah negara bagian di Malaysia yang menarik untuk dikunjungi. Negara bagian dengan George Town sebagai kota utamanya ini mempunyai banyak keunikan yang sayang jika dilewatkan. Penang adalah surga bagi pecinta kuliner dan sejarah.

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Salah satu tempat menarik yang harus dikunjungi di Penang adalah Bukit Bintang yang biasa disebut dengan Penang Hill. Jarak dari pusat kota George Town ke Penang Hill adalah kurang lebih 6 (enam) kilometer. Untuk sampai di di Bukit Bintang, kita dapat naik bis Rapid Penang nomor 204 dari George Town atau Komtar. Turun tepat di depan pintu gerbang Penang Hill. Kalau tidak salah ingat, tiket bis ini RM 2 per orang sekali jalan.

Apa saja yang dapat kita lihat dan nikmati di Penang Hill alias Bukit Bintang ini? Ada beberapa hal menarik yang dapat dinikmati, yang pasti adalah udara yang sejuk. Hawa di Penang Hill ini berbeda dengan George Town. Jika George Town cenderung sangat panas, di Penang Hill kita akan menikmati udara yang sejuk. Karena itu, tempat ini sangat cocok untuk berlibur.

Selain udara yang sejuk, kita juga dapat menikmati keindahan Penang dari Bukit Bendera ini. Karena berada di ketinggian 833 meter diatas permukaan laut, maka jika berada di atas bukit ini, kita dapat melihat pemandangan kota yang indah : Penang dan dan Jembatan Penang dari ketinggian dan kejauhan.

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Jika kita beruntung, kita dapat menikmati pemandangan yang indah. Sayangnya saat kunjungan terakhir saya ke Penang Hill, cuaca di bukit ini kurang bersahabat. Mendung dan bahkan berkabut. Bahkan sampai tengah hari masih saja berkabut. Jika udara cerah, kita dapat melihat Jembatan Pulau Pinang (Pinang Brigde) yang membentang di Pulang Pinang ini dengan jelas walaupun dari kejauhan saja,

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Apa saja yang dapat kita nikmati selama di Penang Hill ini? Ada beberapa hal yang dapat kita nikmati di bukit yang asri dan sejuk ini. Selain pemandangan yang indah, ada taman, ada bangunan bersejarah, ada hutan untuk trekking, hotel serta tempat ibadah. Tidak hanya itu, ada juga Owl Museum alias Museum Burung Hantu, atraksi hewan dan juga beberapa restoran untuk mengisi perut saat lapar atau haus melanda.

Di salah satu sudut Penang Hill ini terdapat satu kompleks yang disebut area Cultural Diversity. Di area ini, pengunjung dapat menemukan beberapa rumah ibadah yang dibangun berdekatan satu dengan lainnya yaitu adanya Kuil Murugan (Murugan Temple) yang merupakan tempat ibadah umat Hindu dan juga Masjid Bukit Bendera yang merupakan tempat ibadah umat Muslim. Sampai saat ini kedua tempat ibadah ini masih aktif digunakan untuk kegiatan peribadahan. Ada lagi bangunan rumah jaga yang bangunannya masih bernuansa kolonial.

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Oh ya, untuk dapat masuk ke Penang Hill ini, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket bervariasi dibedakan untuk warga negara Malaysia atau wisatawan. Dibedakan pula untuk jalur cepat atau jalur biasa yang harus mengantri. Dibedakan pula dengan usia mulai anak-anak, dewasa, lanjut usia dan juga kaum disabilitas.  Harga tiket untuk dewasa di jalur normal adalah RM 30.

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Oh ya, tiket dengan harga RM 30 ini adalah tiket untuk dapat naik dan turun menggunakan kereta wisata kabel yang bentuknya seperti kereta api. Awalnya kereta api ini dirancang oleh Arnold R. Johnson dan mulai dibangun pada tahun 1920. Lalu mengalami banyak perubahan dan modernisasi hingga bentuk dan tehnologinya saat ini. Setelah membayar tiket, pengunjung akan mendapatkan kartu akses untuk dapat masuk ke Bukit Bendera ini.

Kartu akses ini jangan sampai hilang karena diperlukan untuk membuka pintu saat akan meninggalkan tempat wisata ini. Lalu pengujung akan segera manaiki kereta api  yang menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit untuk sampai di bagian atas bukit. Selama dalam perjalanan dengan kereta ini, penumpang dapat menikmati pemandangan dari sudut kemiringan 50 derajat.

Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera Menikmati Keindahan Penang Dari Bukit Bendera

Menurut informasi saat terbaik untuk menikmati keindahan Penang dari Bukit Bendera adalah di senja hari saat lampu-lampu di Penang sudah mulai menyala. Jembatan Penangpun terlihat cantik dengan lampunya. Mungkin dikunjungan berikutnya, saya akan datang di sore hari. Sambil ngopi di David Browns Restaurant di Penang Hill, mungkin akan menjadikan sore hari itu semakin menyenangkan.

PENANG HILL / BUKIT BENDERA

Jalan Stesen Bukit Bendera,

Air Itam,

11500 Penang

Jam Operasional : Setiap hari jam 06:30 – 22:00

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!