Menginap di Pak Tasrip Homestay Sebelum Mendaki Gunung Semeru

Menginap di Pak Tasrip Homestay Sebelum Mendaki Gunung Semeru – Pesona kegagahan Mahameru masih memukau banyak pecinta alam. Terlebih tentunya bagi mereka yang suka naik gunung, mendaki Gunung Semeru adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bagi pendaki pemula, biasanya mereka akan berhenti di Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru.

Memang butuh beberapa hari untuk dapat mendaki hingga ke puncak Gunung Semeru. Bahkan untuk mencapai Ranu Kumbolo, kita harus berkemah disana paling tidak semalam saja. Semua perjalanan ini diawali dari desa terakhir di kaki Gunung Semeru yaitu Desa Ranupane atau Ranupani.

Saya sendiri belum pernah melakukan trekking ke Ranu Kumbolo, lebih-lebih ke Mahameru. Titik terjauh yang pernah saya tempuh hanya sampai ke Desa Ranupane dimana terdapat Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Disinilah saya menemukan satu tempat menginap yang ternyata direkomendasikan oleh Lonely Planet. Menginap di Pak Tasrip Homestay sebelum mendaki Gunung Semeru adalah pilihan yang benar. Bahkan untuk dijadikan tempat beristirahat setelah kembali dari pendakianpun direkomendasikan.

Pak Tasrip Homestay ini didirikan oleh mendiang Pak Tasrip pada tahun 1986. Setelah beliau meninggal, putranya Pak Thomas Sanjaya melanjutkan pengelolaan penginapan kelas homestay ini. Oh ya, terdapat 13 kamar tidur yang terdiri dari 22 tempat tidur di penginapan ini.

Kamarnya memang sederhana tetapi bersih dan terawat. Bentuk dan fasilitas kamarnya hampir sama hanya ada kamar terdiri dari 1 tempat tidur, lainnya 2 tempat tidur dan ada yang lebih tempat tidur. Pancuran dengan air hangat melengkapi kamar mandi bersama yang disediakan untuk semua tamu yang menginap. Fasilitas ini penting karena udara di kawasan ini cukup dingin. Setiap tahunnya di sekitar bulan Agustus, suhu bisa mendekati 0 derajat Celcius.

Di Desa Ranu Pane ini, terdapat beberapa menjadi pilihan basecamp para pendaki Gunung Semeru ataupun Ranu Kumbolo. Harga dan fasilitasnya saling bersaing. Yang membedakan adalah pelayanannya.

Ada yang pengelolanya tidak mempunyai jiwa pelayanan sehingga tamunya dibiarkan begitu saja. Tidak dengan pengelola Pak Tasrip Homestay Ranupane Lumajang ini. Mereka melayani dengan hati.

Bagi mereka yang ingin mendaki Gunung Semeru atau berkemah di Ranu Kumbolo, Pak Thomas Sanjaya akan membantu persiapannya. Tentunya jika kamu menginap di Pak Tasrip Homestay ya. Bahkan hingga penyewaan jeep serta makanan yang dinikmati sepanjang perjalanan menuju puncak Semeru dapat disiapkan oleh pengelola Pak Tasrip Homestay.

Terdapat toko kecil di bagian depan penginapan ini. Toko ini adalah mini market ala Desa Ranupane. Kebutuhan untuk mendaki ataupun sekedar penganan kecil ada di toko ini.

Karena keterbatasan ruangan, pesanlah kamar di Pak Tasrip Homestay Ranu Pane ini sebelum hari kedatangan. Termasuk pesanlah slot untuk mendaki secara online karena ada batasan jumlah pendaki Gunung Semeru ataupun Ranu Kumbolo setiap harinya

PAK TASTIP HOMESTAY RANUPANE LUMAJANG

Contact Person : Thomas Sanjaya – Email : ranupanesemeru@gmail.com

Phone : +62-828 3930 369 / +62-812 4942 3768

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!