Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang – Kali ini saya dan dua orang teman berkesempatan berlibur beberapa hari di Penang, Malaysia. Berbekal tiket promo dari penerbangan favorit kami, Airasia yang selalu dapat membawa kami berlibur ke negara lain dengan biaya yang kami mampu. It makes everyone can fly!

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Berbekal peta yang kami dapatkan dari Bandara Internasional Pulau Pinang, kami akan berkeliling kota khususnya Georgetown yang merupakan  salah satu area warisan dunia berdasarkan UNESCO. Memang kota Georgetown di Penang ini unik dan menarik serta terus menjaga bangunan-bangunan bersejarah dan sarat nilai budaya. Salut untuk Malaysia yang mampu memelihara bangunan bersejarahnya.

Kami memutuskan untuk meluangkan waktu sehari penuh hanya untuk menyelusuri Georgetown yang merupakan ibukota negara bagian Pulau Pinang. Berbekal peta yang kami punya, kami ingin melihat bangunan sejarah serta menelusuri street art yang merupakan ikon Georgetown.

Suhu di area Georgetown memang luar biasa panas, bahkan mampu membakar kulit kami. Jadi jangan kaget jika pulang dari pusing-pusing kota, kulit kita menjadi sedikit lebih gelap. Tapi ini tidak melunturkan semangat kami untuk menelusuri street art di Georgetown Penang dan tentunya berfoto di banyak tempat menarik di ibu kota Pulau Pinang ini. Jangan lupa membawa air minum yang cukup tentunya.

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Kami mulai perjalanan dengan naik CAT Penang, bis gratis yang disediakan oleh Pemerintah Malaysia untuk penduduk dan wisatawan yang berlibur di Georgetown. Kami berhenti di area Masjid Kapitan Keling, tepatnya di Jalan Kampung Kolam. Oh ya, bis CAT ini mempunyai helte pemberhentiannya sendiri. Jadi kita harus memperhatikan dimana kita akan berhenti ya. Dari sini mulailah kami menelusuri street art di Georgetown ini, satu-persatu dengan harapan di penghujung hari kami dapat menemukan semuanya.

Total mural dan ukiran besi ini lebih dari 70 buah dan tersebar dari ujung hingga ujung area Georgetown. Mulai dari KOMTAR yang merupakan terminal bis pusat di Penang hingga ujung-ujung gang di seluruh kawasan kota tua ini.

Oh ya, seni instalasi dan mural di jalanan Georgetown ini dimulai dari tahun 2010. Dimotori oleh 4 orang artis yaitu Tang Mung Kian, Baba Chuah, Reggie Lee dan Lefty yang terlibat dalam Mirrors Georgetown yang merupakan bagian dari Georgetown Festival.

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Menelusuri street art di Georgetown Penang ini merupakan petualangan karena kita seperti harus mengumpulkan puzzle yang berserakan. Kita harus memperhatikan dinding-dinding di area yang telah ditandai dalam peta. Biasanya kita tidak memperhatikan dinding di gang-gang tetapi untuk menemukan semua icon street art ini mau tidak mau mata kita harus jeli memperhatikan sekeliling kita.

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Setiap mural dan ukiran besi yang ada di Georgetown ini mempunyai cerita atau kisah yang ingin disampaikan. Ada yang lucu, ada yang sarat makna, ada yang begitu artistik; pada dasarnya semuanya cantik dan menarik. Ini salah satu daya tarik Georgetown khususnya bagi para pelancong seperti saya. Kami berekpresi pada beberapa mural dengan menyesuaikan gaya kami dengan gambar yang ada. Ah, menyenangkan!

Ternyata tidak cukup waktu satu hari untuk menelusuri street art di Georgetown Penang ini. Belum ada separuh dari mural dan ukiran besi yang kami temukan. Ini alasan saya dan teman-teman untuk kembali lagi ke Penang suatu saat nanti,

Saya sarankan pastikan peta “Marking George Town” selalu ada ditangan Anda jika Anda ingin menemukan semua ikon dan jangan lupa untuk memperhatikan semua sisi dinding dan lorong jika Anda telah ada di titik yang tertera di peta.

Menelusuri Street Art di Georgetown Penang

Jika Anda kesulitan mendapatkan peta seni di jalan-jalan Georgetown ataupun peta dan informasi wisata lain, Anda dapat mampir untuk mendapatkannya di :

GEORGETOWN TOURIST INFORMATION CENTER

10 Ground Floor – The Whiteaways Arcade

Lebuh Pantai, Georgetown, Penang 10300

Website : www.mypenang.gov.my

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!