Makan Pagi di Pecel Bu Darmo Banjaran Kota Kediri

Makan Pagi di Pecel Bu Darmo Banjaran Kota Kediri – Anda sedang berada di Kota Kediri, Jawa Timur; dan bingung mencari tempat makan pagi? Sebenarnya, di Kota Kediri banyak sekali tempat makan pagi yang enak. Mulai pedagang kaki lima di sepanjang jalan Dhoho hingga depot dan restoran tersedia di kota Tahu ini.

Mungkin saja makan pagi di hotel membosankan jika harus tinggal beberapa hari disana. Beruntungnya saya, suatu pagi teman saya mengajak saya sarapan di luar hotel. Kami berencana makan pecel khas Kediri, di tempat yang cukup terkenal di Kota Kediri.

Namanya Nasi Pecel Bu Darmo. Berlokasi di Jalan Banjaran Gang 1 Kota Kediri. Di sepanjang jalan ini ada 2 (dua) stan Nasi Pecel Bu Darmo. Kedua pemiliknya saling berhubungan saudara. Menurut teman saya yang memang tinggal di Kediri, kedua stand ini memiliki rasa khas yang mirip. Sepertinya memang resep turunan keluarga.

Kami memilih makan pagi di Pecel Bu Darmo Banjaran Kota Kediri di rumah nomer 139-141. Stand yang dikelola keluarga yang lain berada di nomer 115. Sepertinya ini sudah generasi kedua dari Bu Darmo tetapi karena banyak pelanggannya dan rasanya enak, tentunya generasi kedua ini terbukti mampu mempertahankan resep warisan keluarga.

Pecel Bu Darmo di rumah nomer 139-141 ini tempatnya lebih luas dengan nuansa Jawa yang kental. Hampir seluruh dindingnya terbuat dari kayu gebyog. Cantik dan memberikan kesan sejuk. Meja-meja kayu panjang juga ditata rapi dan bersih.

Sistem pelayanan di Nasi Pecel Bu Darmo ini adalah semi mandiri. Jadi para pelanggan dipersilahkan mengambil sendiri nasi, sayuran, bumbu pecel serta lauk yang diinginkan. Tentunya setiap orang tahu seberapa besar porsinya sehingga tidak akan mengambil terlalu banyak nasi ataupun sayur; lalu terbuang karena kekenyangan,

Bumbu pecel yang tersedia ada ada 3 (tiga) macam yaitu tidak pedas, sedang dan pedas. Tinggal Anda sesuaikan saja yang mana pilihan Anda. Mau dicampur asal di piring Anda juga boleh kok. Asik juga kan? Kalau Anda suka pecel dengan bumbu yang tumpahpun, boleh.

Jenis sayurannya pun banyak macam. Mulai tauge, bunga turi, daun pepaya, dan banyak lagi. Asiknya, jika hampir habis maka tim dapur Nasi Pecel Bu Darmo akan segera merebus dan menambahkan lagi pada wadah saji. Ini membuat sayuran di sini selalu baru dari dapur mereka yang bersih. Di sisi meja yang lain tersedia juga daun kemangi dan potongan mentimun.

Harga makanan di Nasi Pecel Bu Darmo ini ramah kantong. Untuk satu piring nasi pecel dan sambal tumpang, kita hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp. 10.000 saja (harga Februari 2020). Bagi yang tidak makan nasi, pecelan saja yaitu sayura saja, harganya cuma Rp. 5.000. Sedangkan untuk lauk pilihannya seperti tempe, telur, rempeyek, ayam goreng dan yang lain; Anda harus membayar lebih. Tetapi semua masih ramah kantong kok.

Jadi, kalau ingin makan pagi di tempat yang “merakyat” dengan rasa yang enak, tempat yang bersih dan harga yang ramah; langsung saja datang ke Nasi Pecel Bu Darmo di Jalan Banjaran, Kota Kediri.

Saya akan datang lagi ke tempat ini. Pasti!!!

NASI PECEL BU DARMO

Jalan Banjaran I No. 139 – 141, Kota Kediri, Jawa Timur

Telepon : +62-822 3391 2233

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!