Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang – Penang adalah tempat makan enak, saya yakin semua orang sudah tahu. Walaupun Penang ini adalah negara bagian terkecil kedua di Malaysia setelah Perlis, disini kita dapeat menemukan banyak sekali hal yang menarik. Selain itu makanan enak dan legendaris di Negara Bagian Penang ini. Hampir diseluruh area seperti di kota utamanya yaitu George Town, Balik Pulau, Batu Feringgi banyak sekali tempat makan yang enak.

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Di satu area yang bernama Air Itam, terdapat satu lapak penjual makanan yang terkenal di seluruh Penang. Bahkan ada yang bilang kalau belum afdol kalau sudah sampai Penang tapi belum makan Laksa Air Itam yang legendaris dan enak di Penang. Laksa ini terkenal enak, segar dan selalu penuh. Kali ini, seorang kolega asal Malaysia mengingatkan saya untuk tidak lupa mampir dan makan Laksa di Pasar Air Itam ini.

Apa sih laksa itu? Laksa adalah makanan yang terdiri dari sejenis mi berwarna putih yang disiram dengan kuah bumbu yang agak pekat. Laksa di Penang ini tergolong sebagai laksa assam, dimana jenis ini banyak ditemukan di Malaysia. Ada juga laksa kari atau jika di Indonesia ada laksa Betawi, laksa Bogor dan laksa Banjar.

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Laksa assam di Penang ini bumbunya adalah khas masakan peranakan yaitu gabungan masakan Cina dan Melayu. Rasanya asam, gurih dan segar.  Nah kali ini sepulang dari Penang Hill dan sebelum melanjutkan perjalanan ke Kek Lok Si Temple, saya mampir ke untuk makan laksa Air Itam yang legendaris dan enak di Penang. Saya sampai di sebelum jam makan siang, jadi pengunjung belum terlalu penuh.

Laksa Assam di Laksa Air Itam Penang ini mengandung bumbu-bumbu khas seperti daun mint, daun kecombrang dan yang spesial adalah adanya daun kesum. Saya belum pernah melihat daun kesum yang nama latinnya adalah Polygonum minus ini di Indonesia. Lalu semua daun ini dicampurkan pada kuah yang berbahan baku ikan.

Sejujurnya saya bukan penggemar Laksa dan makanan dengan bumbu yang cukup kuat seperti ini. Saya lebih tertarik pada kwetiau goreng yang juga merupakan makanan spesial di Penang. Tetapi karena hampir semua orang menginformasikan bahwa ini adalah salah satu laksa terenak di Penang dan kedua teman saya setuju untuk mencoba, jadi tidak ada salahnya kami mampir ke lapak ini. Paling tidak kunjungan ke Penang kali ini jadi lebih afdol.

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Letaknya di trotoar di Jalan Pasar Air Itam, benar-benar di trotoar jalanan pasar. Beberapa meja dan kursi ditata dan rasanya mampu menampung sekitar 30 orang pengunjung. Kami memesan 3 mangkuk laksa dengan 1 mangkuk tanpa bawang merah. Jujur saja, saya tidak suka makanan dengan bawang merah mentah. Tidak lama pesanan kami datang dalam mangkok penuh. Baunya sih menggoda, seperti bau ebi.

Isi mangkok kami adalah mi putih dengan ukuran agak besar dan bulat, sayuran hijau seperti selada yang dipotong kasar, bawang bombay merah lalu disiram dengan kuah ikan yang asam dan segar itu dan ditambah potongan cabe diatasnya.

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Karena penasaran untuk mencicipi rasanya, segera kami makan laksa Air Itam yang legendaris dan enak di Penang ini. Ehmm, rasanya sih memang asam, segar dan kuah ikannya kuat. Paduan daun mint dan kecombrang serta daun kesumnya membuat rasanya semakin kuat.

Bukan selera saya sih tetapi saya masih bisa menghabiskannya ditambah segelas teh sebagai penetralnya. Oh ya, kita harus segera menghabiskannya karena kalau tidak, laksa ini akan lebih berair. Akhirnya saya membeli gorengan di lapak sebelahnya untuk menetralkan rasa di lidah.  Ada yang saya kurang suka dengan pemilik stand laksa air itam ini. Orangnya kurang ramah dan sepertinya pengunjung tidak boleh membawa makan lain dari luar selain yang dijual di deretan lapak di sini.

Makan Laksa Air Itam Yang Legendaris dan Enak di Penang

Untuk memastikan bahwa Anda datang ke lapak Laksa Air Itam yang benar, coba lihatlah paman yang meracik laksa adalah yang ada dalam gambar di papan yang digantungkan di dinding. Jika sudah melihatnya, berarti Anda berada di tempat yang benar.

Laksa Air Itam di Penang yang berdiri sejak tahun 1955 ini buka setiap hari mulai jam 10:30 sampai jam 19:00. Jadi bisa dijadikan tempat makan siang, makan sore atau makan malam. Bisa jadi alternatif tempat makan setelah turun dari Penang Hill ataupun Kek Lok Si Temple. Harga semangkuk laksa di Jalan Pasar Air Itam Penang ini adalah RM 5. Sedangkan segelas teh di lapak sebelahnya adalah RM 1,6 (Harga Mei 2018). 

Penasaran dengan rasanya, langsung saja datang dan makan laksa Air Itam yang legendaris dan enak di Penang ini. Dapat dicapai dengan Rapid Penang 203 (jurusan Air Itam) atau 204 (jurusan Bukit Bendera/Penang Hill) :

LAKSA AIR ITAM PENANG

1 Jalan Pasar, Air Itam, Penang 11500

Telepon : +60-12-500 7063

Buka setiap hari jam 10:30 – 19:00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!