Jadwal Surabaya Heritage Track di House of Sampoerna Surabaya

Jadwal Surabaya Heritage Track di House of Sampoerna Surabaya – Pada tulisan sebelumnya, saya membahas sekilas tentang House of Sampoerna. Sebuah museum milik swasta yaitu PT. H.M. Sampoerna yang merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Museum ini terbuka untuk umum ini memberikan gambaran kepada pengunjung tentang sejarah perjalanan Sampoerna serta prestasinya.

Selain menikmati House of Sampoerna dan Museum Musik Indonesia, para pengunjung juga dapat mengikuti tur keliling kota Surabaya. Wah, tur keliling Kota Surabaya? Ya, benar! Tur ini bernama Surabaya Heritage Track. Sebuah tur pendek yang diberikan gratis oleh House of Sampoerna untuk para pengunjungya.

Walaupun Surabaya Heritage Track ini gratis, manajemen House of Sampoerna tetap mengaturnya dengan profesional. Bis yang dimodifikasi serupa tram disiapkan untuk mengantar para peserta tur berkeliling kota Surabaya. Bis berwarna merah yang bersih dan rapi ini dikendarai oleh sopir profesional dalam mengemudi. Selain itu aspek keselamatan juga diperhatikan dengan adanya sabuk pengaman pada setiap kursi.
Jadwal Surabaya Heritage Track di House of Sampoerna Surabaya setiap hari ada 3 (tiga) kali jam pemberangkatan tur. Silahkan memilih jam yang paling sesuai dengan Anda yaitu pukul 10:00. 13:00 dan 15:00. Di hari kerja, lama tur adalah 1 (satu) jam saja sedangkan di akhir pekan, lama tur menjadi 1,5 jam. Tentunya dengan rute yang berbeda antara hari kerja dan akhir pekan.

Pada setiap perjalanan, seorang pemandu pariwisata profesional akan menemani perjalanan. Dia menjelaskan setiap detail tempat yang dikunjungi oleh peserta. Pemandu wisata ini mampu berbahasa Indonesia dan Inggris dengan baik. Jadi jika Anda mengajak wisatawan asing untuk bergabung, Anda tidak perlu khawatir karena pemandu wisata akan menjelaskan dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris.

Saat saya ikut tur ini di hari Jumat jam 10:00 pagi, maka temanya adalah Kampung dari Seberang. Disini saya dan peserta lain dibawa mengenal kehidupan di Pecinan Lama Surabaya hingga Kampung Arab di Kawasan Ampel.

Karena sebelumnya saya telah melakukan pemesanan kursi pada tur ini, maka saya harus datang 30 menit sebelum tur dimulai. Setelah melapor pada petugas, saya mendapatkan tiket untuk naik bus. Saya sarankan agar Anda melakukan reservasi terlebih dahulu sesuai jumlah peserta dalam kelompok Anda. Pemesanan dapat dilakukan bahkan 2 (dua) bulan sebelum hari tur yang Anda inginkan.

Caranya mudah saja. Anda hanya perlu menghubungi Tracker Information Center – Surabaya Heritage Track di nomer telepon +62-31-353 9000 pesawat 24142. Buka setiap hari mulai jam 09:00 – 18:00 kecuali Hari Senin. Baik House of Sampoerna maupun Surabaya Heritage Track tidak beroperasi di setiap hari Senin.

Mendekati jam 10:00, para petugas bersiap di depan bus. Setelah menunjukkan tiket, saya mendapatkan kartu identitas yang harus dikenakan selama mengikuti tur. Dan tepat jam 10:00 pagi, bus berangkat meninggalkan halaman House of Sampoerna.

Tujuan pertama kami adalah Jembatan Merah yang terkenal itu. Lalu kami berjalan menuju Jalan Panggung. Ini adalah Kawasan Pecinan Lama Surabaya yang telah direvitalisasi. Semua bangunan di Jalan Panggung ini dicat berwarna-warni seperti di Kampung Warna-warni Kota Malang.

Rombongan kami berhenti di toko rempah-rempah yang cukup besar dan lengkap. Kami diberi waktu untuk berbelanja ataupun sekedar melihat-lihat di toko ini sebelum melanjutkan perjalanan. Sempat juga kami berfoto diantara rumah berwarna-warni ini. Segera kami melanjutkan perjalanan melalui sebuah gang sempit tetapi ramai dengan pengemudi ojek online.

Ternyata para pengemudi ini sedang mengantri untuk membeli nasi Madura di Buk Ja. Warungnya berada di teras sebuah rumah di Jalan Panggung Gang 2 Surabaya. Sayangnya kami tidak punya waktu untuk mencoba nasi di tempat ini. Mungkin di lain waktu.

Tujuan kami berikutnya adalah Kawasan Ampel. Bus Surabaya Heritage Track menurunkan kami di Jalan Ampel Kembang. Ini adalah salah satu kampung di kawasan Ampel dimana kita dapat menemukan sebuah tiang listrik dari kayu. Menurut informasi, tiang listrik ini adalah tiang listrik satu-satunya yang tersisa di Surabaya. Usianya lebih dari 100 tahun dan masih berfungsi dengan baik.

Dari Jalan Ampel Kembang, kami menuju Jalan Ampel Suci dimana banyak toko menjajakan barang dagangannya. Rombongan Surabaya Heritage Track tidak menuju Masjid Sunan Ampel, tetapi hanya sampai di Jalan Ampel Suci saja.

Disini peserta Surabaya Heritage Track dapat membeli jajanan khas seperti samosa, roti maryam hingga kurma. Atau ingin membeli racikan parfum juga dapat dibeli di sekitar Jalan Ampel Suci ini. Setelah 15 menit, semua peserta berkumpul di depan toko Ali 22 untuk bersama kembali ke bus.

Perjalanan menyusuri sebagian Kota Surabaya berakhir disini. Semua peserta diantar kembali ke House of Sampoerna di Jalan Taman Sampoerna 6 Surabaya. Saya sangat menikmati perjalanan bersama Surabaya Heritage Track dari House of Sampoerna ini. Sepertinya, saya harus datang lagi untuk bergabung pada jalur-jalur tur yang lain.

Tertarik bergabung di Surabaya Heritage Track seperti saya? Pesan kursi di tanggal yang Anda inginkan melalui :