Belajar Membatik Bersama Rombongan di Ndalem Gondosuli Solo

Belajar Membatik Bersama Rombongan di Ndalem Gondosuli Solo – Kota Solo dan batik adalah dua hal yang sepertinya tidak dapat dipisahkan. Apalagi jika kita mendengar kata Pasar Klewer atau Danar Hadi, pasti kita langsung berpikir tentang batik.

Selain kedua tempat yang saya sebutkan diatas, masih ada tempat terkenal untuk mendapatkan kain dan baju batik di Kota Solo. Sebut saja Kampung Kauman dan Kampung Laweyan. Saya yakin, diantara Anda pasti ada yang sering ke kedua tempat ini untuk berburu batik. Ya, di kedua kampung ini terdapat banyak pengrajin dan toko-toko yang menawarkan aneka jenis dan kualitas kain maupun baju batik.

Nah, di salah satu sudut di Kampung Laweyan ada tempat menarik bagi mereka yang ingin belajar membatik dan tentang batik. Ndalem Gondosuli, nama tempat ini.

Diawali dari ide KRHT Heru Notoningrat, seorang saudagar batik asli Solo yang ingin melestarikan batik. Beliau merasa prihatin atas minimnya minat warga Kota Solo untuk menjadi pembatik. Karena itu, beliau menginisiasi berdirinya sebuah tempat untuk mengadakan pelatihan dan loka karya tentang membatik. Inilah awal berdirinya Ndalem Gondosuli. Tempat ini juga dijadikan pesantren batik untuk mengantisipasi semakin langkanya pembatik tulis di Jawa Tengah, khususnya di seputar Kota Solo.

Beruntungnya saya saat perusahaan tempat saya bekerja membawa karyawannya berkegiatan di Kota Solo. Salah satu kegiatan di agenda kami adalah belajar membatik. Tentunya pilihan yang tepat adalah belajar membatik bersama rombongan di Ndalem Gondosuli Solo.

Belajar membatik untuk rombongan ini dapat dilakukan jika anggota Anda berjumlah minimal 20 (dua puluh) orang. Harga paket bervariasi tergantung pilihan paket yang Anda inginkan. Tersedia juga paket termasuk makan dan penganan kecil. Soal rasa, makan siang dan kue-kue di Ndalem Gondosuli Solo ini enak. Layak direkomendasikan deh.

Jika Anda mengambil paket membatik maka harga yang Anda bayarkan sudah termasuk peralatan standar membatik. Sepotong kain dengan desain gambar sederhana, lilin, malam, canting dan pewarna. Tentu saja para seniman batik akan mendampingi semua peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Setelah kurang lebih tiga jam, kegiatan selesai. Ternyata asik juga mencampur warna dan menggabungkan titik gambar. Saya jadi mengerti mengapa batik tulis itu mahal. Dibutuhkan ketekunan, keterampilan, ketelitian dan kesabaran yang tinggi untuk menghasilkan satu lembar kain batik tulis yang cantik. Bukan sekedar membatik, tetapi ini adalah sebuah karya seni.

Beda lagi dengan batik printing yang dibuat dengan menggunakan mesin. Tentu saja tidak dibutuhkan keterampilan pengerajin karena mesin akan melakukan pencetakan diatas kain. Satu lagi yaitu batik cap dimana masih dibutuhkan keterampilan pembatik namun tidak sedetail pada batik tulis.

Jika pelatihan membatik selesai, peserta dapat menikmati makan siang di ruang pertemuan yang disulap menjadi ruang makan. Anda juga dapat menikmati membeli kopi dan penganan kecil di warung kopi cantik yang diberi nama Saudagar Coffee. Gelato segar di Trento Gellato juga siap menyegarkan hari Anda.

Bagi Anda yang membutuhkan ruang pertemuan, di Ndalem Gondosuli terdapat 3 (tiga) ruang pertemuan yang dapat disewa. Untuk mendapatkan informasi tentang kapasitas dan fasilitas ruangannya, Anda dapat langsung menghubungi pihak Marketing Ndalem Gondosuli.

Nah, jika Anda dan kolega kantor atau rombongan wisata lain ingin belajar membatik saat berada di Kota Solo; hanya Ndalem Gondosuli saja tempat yang tepat. Karena batik adalah darah dan urat nadi Ndalem Gondosuli!

NDALEM GONDOSULI SOLO

Jalan Gondosuli 125, Laweyan, Solo

Tel : +62-271-746 7131 – Email : info@ndalemgondosuli.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!