Aman Bepergian Saat Serangan Wabah Virus Corona

Aman Bepergian Saat Serangan Wabah Virus Corona – Awal tahun 2020 ini dunia digemparkan oleh munculnya wabah virus Corona. Virus yang kemudian dikenal sebagai Covid 19 ini menyerang sistem pernafasaan dan menimbulkan infeksi pada sistem pernafasan. Jika tidak dikendalikan maka akan menyebabkan pneumonia akut hingga kematian.

Serangan virus yang tergolong baru ini bisa terjadi pada siapa saja. Mulai dari bayi, anak, orang dewasa hingga lansia dapat terjangkit virus ini. Karena belum ditemukan anti-virusnya maka satu-satunya cara adalah memutuskan rantai penyebarannya.

Bepergian saat wabah virus Corona merebak

Anjuran para pakar kesehatan adalah dengan tinggal di rumah. Mengapa? Karena dengan tinggal di rumah maka kita membatasi diri kontak dengan orang lain dan sebaliknya. Ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus yang sangat berbahaya ini.

Penyebaran virus Corona adalah melalui setuhan langsung dengan penderita, tidak sengaja menghirup percikan bersin atau batuk dari penderita Covid 19 ataupun orang sehat yang tidak sengaja memegang mulut dan hidungnya tanpa mencuci tangan setelah memegang benda yang terpapar virus ini.

Nah, jika kita disarankan untuk tetap tinggal di rumah; bagaimana dengan mereka yang harus beraktivitas di luar rumah setiap hari? Apa yang harus dilakukan agar tetap aman bepergian saat serangan wabah Virus Corona seperti saat ini?

Aman Bepergian Saat SeranganVirus Corona

Saran pertama dan terutama bagi semua orang terutama yang masih melakukan perjalanan adalah Sosial Distancing. Apa itu SOCIAL DISTANCING? Artinya adalah menjaga jarak antar manusia serta menjauhkan diri dari segala macam kegiatan yang melibatkan orang banyak. Selain itu, dengan social distancing, kita diharapkan dapat mengurangi kegiatan di luar rumah serta menjauhkan diri dari tempat-tempat yang dikunjungi banyak orang.

Bagi mereka yang mau tidak mau harus berkegiatan diluar rumah, lakukan social distancing dengan beberapa hal yang harus diperhatikan. Antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan alat pelindung diri (APD) yang memadai sedikitnya masker dan baju lengan panjang serta celana panjang.
  2. Sering-seringlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Dalam keadaan darurat, gunakan hand sanitizer sebagai pengganti.
  3. Setelah tiba di rumah, segera mandi dan ganti baju Anda dengan baju bersih. Baju yang telah dipakai keluar rumah sebaiknya segera direndam atau dicuci.
  4. Minumlah vitamin C, E, B dan suplemen kesehatan lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Hindari bersalaman dengan orang lain. Disarankan menggunakan salam Namaste.
  6. Jauhkan diri dari mereka yang sedang sakit deman, batuk ataupun pilek.
  7. Perhatikan dan ikuti anjuran pemerintah tentang keadaan terbaru.
  8. Jika merasa sakit demam ataupun batuk kering, minumlah obat terlebih dahulu dan karantina diri di rumah. Namun jika dalam 5 hari tidak juga membaik bahkan ditambah sesak nafas, segeralah ke rumah sakit terdekat.
Bagaimana dengan liburan? Apakah berlibur aman dilakukan saat wabah Covid 19 sedang terjadi? Jawabannya adalah sebaiknya tidak dilakukan karena tidak aman. Jadi harus membuang tiket dan semua pesanan perjalanan dong?

Banyak yang dapat dilakukan tanpa menyobek tiket tetapi tetap menunda perjalanan liburan kita. Perjalanan harus ditunda karena banyak alasan seperti peluang tertular di negara lain atau menulari orang lain di negara tujuan. Alasan lain adalah jika negara tujuan memberlakukan penutupan semua bandara dan lalu lintas selama kita berada di negara tersebut; ada kemungkinan kita tidak bisa kembali ke Indonesia. Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan kursi pada penerbangan berikutnya tetapi jika tidak ada kemungkinan Anda harus bertahan sampai semua pembatasan dibatalkan oleh negara dimana Anda sedang berada.

Jika masih di negara atau kota tempat berlibur, pastikan tiket pulang Anda tetap berlaku. Namun jika ada perubahan, pastikan Anda tetap mendapatkan kursi untuk kembali pulang.

Masih ada di Indonesia? Segera hubungi kantor penerbangan atau agen penjual tiket serta pemesanan lain. Gantilah jadwal Anda atau mintalah kembali uang Anda. Mungkin akan ada biaya untuk perubahan ini. Namun Anda akan tetap berada di Indonesia sampai semuanya kembali aman dan normal. Liburan akan lebih menyenangkan jika semua yang ingin kita datangi di kota atau negara tujuan beroperasi normal. Tempat hiburan, restoran, toko dan pusat perbelanjaan buka normal seperti biasa tentunya yang kita inginkan bukan. Ditambah lagi pulang tanpa harus mengkarantina diri di rumah selama beberapa waktu.

Mari bijak mengambil tindakan bijak agar aman bepergian saat serangan Wabah Virus Corona. Tetap sehat dan bahagia ya sampai wabah ini dapat teratasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!